Hy, Welcome To My Blog . .
wish can give more knowledge for all of you

Minggu, 15 Desember 2013

INDIKATOR DAN PENGUKURAN NON MONETER MODAL INTELEKTUAL


Saat ini upaya memberikan penilaian terhadap modal intelektual merupakan hal yang penting. Hal ini didasari oleh banyaknya perusahaan yang memiliki aset fisik yang kecil, namun tetap eksis karena inovasi-inovasi yang mereka miliki. Kesulitan terbesar dalam melakukan pengukuran terhadap modal intelektual adalah masalah penilaiannya. Seperti diketahui bahwa konsep pengukuran dalam akuntansi dibagi menjadi dua yaitu pengukuran moneter dan pengukuran non moneter.
Mengkuantifikasi modal intelektual secara moneter dalam neraca dimungkinkan namun masalahnya bagaimana menginterprestasikan angka-anga tersebut (Johanson dan Nielson, 1990). Kritikan lain sehubungan dengan pengukuran secara moneter adalah sulitnya menunjukkan unsur-unsur yang menyumbangkan modal intelektual dan adanya kekawatiran bahwa pengkapitalisasian biaya menjadi aset membuka celah terjadinya manipulasi laba.
Sveiby (1998) menyatakan bahwa pengukura yang bersifat non moneter akan lebih baik. Pengukuran non moneter yang telah diperkenalkan saat ini adalah balance scorecard yang dikembangkan oleh Kaplan dan Norton, mereka membagi pengukuran modal intelektual menjadi empat fokus yaitu : financial focus, customer focus, process focus, dan learning focus. Yang kemudian oleh Skandia Assurance (Edvinson dan Mallone) dikembangkan menjadi lima fokus. Kelima fokus tersebut antara lain :
1)      Fokus terhadap keuangan (financial focus)
Fokus ini terdapat kemiripan dengan informasi tradisional dari sebuah laporan perusahaan, namun terdapat perbedaan perlakuan terhadap biaya yang dikeluarkan. Beberapa kejadian yang sebelumnya dianggap sebagai beban, sekarang dianggap dapat memberikan benefit bagi perusahaan dimasa mendatang. Contohnya pengeluaran untuk investasi didalam teknologi, pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan, pendapatan perkapita dan biaya tetap pekerja.
2)     Fokus terhadap konsumen (customer focus)
Posisi perusahaan atas produk dan jasa ditentukan dari prilaku konsumen misalnya : berapa lama konsumen memakai produk kita, tingkat kepuasan, umpan balik perusahaan terhadap konsumen.
3)     Fokus terhadap proses (process focus)
Berhubungan dengan infrastruktur perusahaan, termasuk didalamnya tingkat teknologi yang digunakan perusahaan. Pandangan ini tidak identik dengan laporan biaya untuk pembelian sebuah komputer namun lebih kearah keberhasilan dalam mengaplikasikan komputer tersebut. Contoh lainnya adalah kontrak yang diproses tanpa kesalahan, dll.
4)     Fokus pembaharuan kembali (learning focus)
Fokus ini menilai kemampuan perusahaan untuk tanggap terhadap tantangan dimasa depan. Hal ini mengandung dua aspek. Pertama, tentang posisi perusahaan dalam pasar, yang meliputi perubahan dalam perilaku konsumen, perubahan dalam permintaan konsumen, penilaian untuk riset dan pengembangan pangsa yang baru. Aspek kedua menyangkut kesiapan perusahaan dalam merespon perubahan. Seperti kondisi ketenagakerjaan, pelatihan, waktu yang diperlukan bagi produk untuk berkembang dari tingkat penelitian hingga siap dipasarkan dan perkembangan dalam penggunaan paten.
5)     Fokus manusia
Meliputi penilaian terhadap sumber daya manusia dalam perusahaan. Dalam balance scorecard Skandinavia, ini merupakan elemen yang paling kompleks dan dinamis,dikarenakan pembagian sosial yang lebih besar. Misalnya pada kebijakan perusahaan tentang kerja paruh waktu, telekomunikasi, dan pengerahan kemampuan.

Sumber : Widiyaningrum, Ambar (2004) Modal Intelektual,  Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol. 1 pp. 16-25 : DepartemenAkuntansi FEUI.



1 komentar:

Sara Harvey mengatakan...

Selamat siang,

Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi atau bisnis tanpa tekanan dan dengan persetujuan cepat ?, kami di Global Finance dapat memberi Anda pinjaman asli untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Proses kami meliputi;

* MINAT BUNGA RENDAH !!

* PENJUALAN PINJAMAN CEPAT !!

* PENGOLAHAN BEBAS MUDAH DAN STRES.

* DIJAMIN HARI YANG SAMA TRANSFER !!

* 100% TEPERCAYA DAN GENUINE !!

Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang penawaran pinjaman dan kami akan mengakhiri masalah keuangan Anda

Hubungi kami melalui:

EMAIL: sarahharvey@myglobalfinancefund.com

Posting Komentar