Hy, Welcome To My Blog . .
wish can give more knowledge for all of you

Minggu, 15 Desember 2013

INDEPENDENSI AUDITOR

Sebagai seorang Auditor  yang bertugas mengontrol keabsahan suatu laporan keuangan harus mempunyai independensi yang tinggi dalam menjalankan setiap tugas nya. Tanggung jawab dan kejujuran auditor sangat penting dibutuhkan dalam memberikan opini tentang ada atau tidak nya kecurangan suatu laporan keuangan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keabsahan hasil audit terhadap laporan keuangan yang diauditnya. Selain itu independensi auditor sangat penting di mata masyarakat baik yang berkepetingan langsung maupun tidak terhadap laporan keuangan. Laporan keuangan yang telah diaudit digunakan oleh perusahaan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai hasil kinerja keuangannya. Dari hasil tersebut para calon investor dapat melihat kelayakan investasi pada perusahaan tertentu yang ingin.
Independensi juga berarti sebagai seorang auditor dalam mengaudit laporan keuangan harus bebas campur tangan pihak luar. Auditor dilarang memihak pihak-pihak tertentu, baik pihak internal perusahaan maupun yang lainnya. Auditor yang memiliki hubungan keluarga dengan perusahaan yang diaudit akan menimbulkan kecurigaan hasil pemeriksaan di mata pihak eksternal mengenai kewajaran hasil auditnya dan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kerja sama dalam hal kecurangan. Sehingga auditor yang ditugaskan untuk mengaudit laporan keuangan sebaiknya auditor yang tidak mempunyai kepentingan maupun kedekatan dengan perusahaan yang akan diperikasanya. Auditor harus mampu mandiri bekerja tanpa ada pengaruh maupun tekanan dari pihak tertentu.
Objektivitas merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang auditor. Objektivitas disini berarti auditor harus mampu bekerja serta mengungkapkan hasil kerja nya benar-benar sesuai dengan fakta yang ada. Auditor harus mampu memberikan bukti-bukti pendukung keabsahan hasil pemeriksaannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa auditor dalam menjalankan penugasan mampu menyajikan hasil yang berkualitas dan kuat (dapat dipercaya). Sehingga pemakai laporan keuangan yakin bahwa hasil tersebut bukan hasil manipulasi yang selanjutnya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Sebagai contoh manfaatnya :
1.  Bagi calon investor: sebagai bahan pertimbangan yang benar sebelum melakukan investasi. Dengan melihat laporan keuangan suatu perusahaan, calon investor dapat menilai kelayakan akan invesatasinya.
2.    Bagi mahasiswa : sebagai bahan penelitian dalam study reseach. Dalam pemilihan objek penelitian mahasiswa harus memilih data yang valid serta telah diaudit dengan benar.
3. Bagi pemerintah : sebagai dasar penentuan taif pajak sesuai laporan keuangan perusahaan yang benar.
4.  Bagi masyarakat umum : masyarakat umum mungkin tidak brkepentingan langsug terhadap laporan keuangan, namun mereka dapat menilai kinerja perusahaan dari hasil laporan keuangan tersebut serta citra yang penting bagi perusahaan.

1 komentar:

Sara Harvey mengatakan...

Selamat siang,

Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi atau bisnis tanpa tekanan dan dengan persetujuan cepat ?, kami di Global Finance dapat memberi Anda pinjaman asli untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Proses kami meliputi;

* MINAT BUNGA RENDAH !!

* PENJUALAN PINJAMAN CEPAT !!

* PENGOLAHAN BEBAS MUDAH DAN STRES.

* DIJAMIN HARI YANG SAMA TRANSFER !!

* 100% TEPERCAYA DAN GENUINE !!

Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang penawaran pinjaman dan kami akan mengakhiri masalah keuangan Anda

Hubungi kami melalui:

EMAIL: sarahharvey@myglobalfinancefund.com

Posting Komentar